PENDIDIKAN
DI ERA MILENIAL
Mochammad Mugi Setiyanto (2288180036)
Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
akunmugi@gmail.com
Dalam upaya menyelamatkan
lingkungan hidup, aplikasi pendidikan karakter yang dapat diterapkan yakni; 1)
Membangun karakter peduli lingkungan melalui keteladanan. Membangun karakter
peduli lingkungan dalam diri seseorang tidak semudah membalikkan telapak
tangan. Keteladanan merupakan salah satu imbauan untuk digunakan dalam pengelolaan
lingkungan sehingga terasa dampak yang muncul sangat dahsyat. Dalam dunia
pendidikan sinergi antara rumah dan sekolah sangat membantu untuk membangun
kepedulian lingkungan. Orang tua menjadi tempat pendidikan awal sebelum
anak-anak mendapatkan pendidikan di tempat lain. Orang tua harus menanamkan
kebiasaan peduli lingkungan dalam
kehidupan sehari-hari. 2) Membangun karakter peduli lingkungan melalui
pembiasaan.
Berbagai program di sekolah bisa
dijadikan program untuk membangun karakter peserta didik peduli lingkungan.
Karena itu langkah-langkah pembentukan karakter bisa dilakukan semua warga
sekolah dan menjadi pembiasaan. Pada
saat ini Indonesia sudah masuk dalam era globalisasi, dimana salah satunya
ditandai dengan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai belahan
dunia sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal Ini
membawa pengaruh positif maupun pengaruh negatif bagi yang menerimanya. Melihat
besarnya pengaruh globalisasi terhadap kehidupan manusia terutama untuk bangsa
Indonesia, baik pengaruh positif maupun negatif di era sekarang ini maka perlu
adanya daya tangkal dan daya cegah masyarakat yang baik khususnya pada generasi
milenial.
Pendidikan
yang diharapkan adalah secara sadar menyiapkan peserta didikan dengan kegiatan
dan pengajaran yang sesuai dengan tantangan jaman di masa depan (Amri, 2013).
Satu hal lainnya yang tidak kalah penting dalam pendidikan, proses pembelajaran
yang kontekstual akan menjadikan pembelajaran bermakna karena selalu dikaitkan
dengan kehidupan nyata dengan konteks lingkungan pribadi, sosial, dan budayanya
(Johnson, 2002) sehingga peserta didik mudah memahami materi (Susilo, 2001).
Menurut UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.
DAFTAR PUSTAKA
Lalo, Kalfaris. 2018. Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan
Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jakarta: PTIK. (diakses
pada 22 November 2019)
Wahono, Margi. 2018. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. (diakses pada 22 November 2019)
Wahono, Margi. 2018. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. (diakses pada 22 November 2019)
0 Comments:
Posting Komentar